The Slider

ahanamasa

Titulo

5 Argumen Mengapa Humbahas Layak Punya Bandar Udara Perintis di Pakkat

Humbang Hasundutan memiliki wilayah yang cukup luas, sebagian besar adalah perbukitan.

Untuk mencapai Humbang Hasundutan bisa dilakukan melalui Bandar Udara Silangit di Tapanuli Utara.

Akan tetapi, wilayah yang layak tempuh dari Silangit hanya Dolok Sanggung, Bakkara dan sekitarnta. Beberapa kecamatan lain seperti Pakkat, Tarabintang dan Parlilitan masih jauh dari jangkauan, bahkan sebagian lebih memilih menggunakan bandara Kuala Namu, dengan jalur darat Dairi.

Untuk itu, sudah menjadi layak apabila Humbang Hasundutan memiliki bandar udara perintis sendiri, yang tepatnya berada di Pakkat.

Berikut beberapa argumennya.

1. Bila Bandara Udara perintis ada di Pakkat, hal itu akan tepat berada di tengah-tengah Humbahas, baik ke Dolok Sanggul sekitarnnya, ke Parlilitan maupun Tarbintang.

2. Jarak antara Pakkat ke Bandara sekitar seperti Silangit di Tapanuli Utara, Pinang Sori di Tapanuli Tengah atau bahkan renacana bandar udara perintis Dairi hampir sama. Juga bisa ditambahkan ke Bandar Udara Syeikh Hamzah Fansuri di Singkil. Sehingga lokasinya sangat layak.

3. Bandar Udara perintis di Pakkat akan mewakili 3 kecamatan paling terisolir karena konstruksi jalan yang selalu rusak akibat musim, sebagai alternatif transportasi bila jalan benar-benar putus. Landasan juga dapat difungsikan untuk misi bantuan kemanusiaan dalam kasus bencana bumi, olahraga, wisata dan lain sebagainya.

4. Selain Tara Bintang dan Parlilitan, kemungkinan penumpang bisa berasal dari kecamatan-kecamatan di Tapanuli Tengah yang jadu dari bandara, seperti Baru, Manduamas, Andam Dewi dan lain sebagainya.

5. Sekarang ini sudah ada peraturan BUMDes, sehingga legislatif di tingakt Kabupaten tidak perlu direpotkan pembangunanya yang sekarang kabarnya sedang menggagas BUMD.  (baca) Pengelolaan bandara perintis dapat dilakukan oleh BUMDes dengan bekerja saja dengan instasi dan pihak yang terkait dalam perizinan penerbangan. (baca)


recent

Powered by Blogger.