The Slider

ahanamasa

Titulo

Salak Encerkan Otak

Di Indonesia yang beriklim tropis ini banyak juga tumbuh buah-buahan beraneka macam. Salah satunya yaitu Buah salak tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Selain di tanah air juga banyak tersebar di negara-negara seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Nah buah Salak adalah salah satu buah yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Buah ini bernama latin Sallaca Edulis dan memiliki rasa yang manis agak asam dan sepet.

Ada banyak jenis salak yang bisa kita jumpai, yang terkenal manis dan lezat adalah salak pondo. Salak pondo berukuran agak kecil namun rasanya manis dan segar dibadning jenis salak lainnya. Lantas apa saja sih kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah salak serta manfaatnya bagi kesehatan manusia? Benarkah buah salak bisa bikin otak encer? Simaklah beberapa manfaat salak berikut ini seperti yang dikutip dari duniafitness.com.

Kandungan Gizi Buah Salak

Buah yang memiliki rasa manis, asem dan agak sepet ini mengandung beberapa kandungan gizi yang cukup lengkap. Dalam 100 gram buah salak mengandung sekitar 368 kilokalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, dan zat besi 3,9 miligram. Selain itu kandungan vitamin C dari buah ini sebesar 8,4 miligram.

Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi lengkap dalam buah salak tersebut membuat buah ini kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Buah salak memiliki khasiat yang bisa meningkatkan kinerja otak manusia. Adalah kandungan potassium dan pektin buah ini yang berperan membuat kinerja otak meningkat. Menurut sebuah penelitian, Potassium berguna dalam mengendalikan detak jantung, meningkatkan fungsi otak atau kecerdasan, dan juga beberapa proses fisiologi penting lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Buah salak juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, adalah kandungan betakaroten dari buah ini yang berperan menjaga kesehatan mata kita. Kandungan betakatoren dalam buah salak betakaroten memiliki 5,5 kali lebih besar  dari buah mangga, serta 5 kali lebih besar daripada semangka.

3. Mencegah Sembelit

Mitos yang banyak beredar di masyarakat yaitu jika terlalu banyak makan salak menyebabkan susah BAB itu tidaklah benar. Padahal menurut seorang ahli gizi F.X. Wahyurin Mitano dari RSUD dr Soetomo yang menjelaskan bahwa kulit ari buah salak jangan dibuang ketika memakan buah salak. Karena dalam kulit tipis tersebut memiliki kandungan serat yang bisa bermanfaat mengurangi kemungkinan mengalami sembelit. Selain itu, salak juga mengandung tanin yaitu zat yang digunakan sebagai obat anti diare.

4. Membantu Program Diet.

Kandungan serat dalam buah salak berkhasiat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga sangat baik bagi anda yang menjalankan program diet.

Nah itulah tadi beberapa khasiat dari buah salak, dan terbukti salak ternyata bikin otak encer. So, jangan ragu tambahkan buah salak dalam menu harian anda.  Catat ya dalam daftar belanja sehari-hari.

More

recent

Powered by Blogger.