Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Titulo

recent

The Slider

ahanamasa

featured posts

berita

Saturday, April 26, 2008

Pilgubsu: Ada Penghematan Dana

 

Pilgubsu 1 Putaran, Anggaran Bersisa Rp54 Miliar

Medan, (Analisa)

Sisa anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumut 2008 yang dikelola Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara bersisa Rp54 miliar. Sisa anggaran itu belum terpakai dan masih di kas Pemrovsu.

Demikian Ketua KPU Sumut, Irham Buana Nasution SH MHum kepada wartawan, Jumat (25/4) melalui sambungan seluler di Medan.

Dikatakan Irham, pelaksanaan Pilgubsu yang berlangsung satu putaran menghemat anggaran senilai Rp54 miliar. Sebelumnya Pemrovsu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk penyelenggaraan Pilgubsu menganggarkan Rp260 miliyar.

Awalnya anggaran yang dialokasikan untuk dua putaran. Namun karena ada calon yang memperoleh suara lebih dari 25 persen maka Pilgubsu hanya berjalan satu putaran.

"Kenyataannya Pilkada hanya dilakukan satu putaran karena sudah ada calon terpilih dan telah ditetapkan KPU Sumut. Jadi ada penghematan anggaran yang pasti senilai Rp54 milayar karena tidak dipakai," ujar Irham.

Dijelaskan, anggaran putaran kedua yang tidak jadi dipakai itu belum dicairkan dan masih di kas Pemprovsu. Dana itu baru akan dicairkan apabila Pilkada dilakukan dua putaran. "Karena putaran kedua tidak ada maka anggaran itu tidak dicairkan dan akan dikembalikan," ujarnya.

Selain penghematan anggaran putaran kedua, lanjut Irham, anggaran putaran pertama juga ada sisanya yang jumlah signifikan. Sisa anggaran itu juga akan dikembalikan kepada pemerintah.

Sisa itu berasal dari mata anggaran pengadaan barang dan jasa dari pengadaan logistik, sosialisasi, serta mata anggaran lainnya. Namun berapa kisaran jumlahnya belum bisa akumulasikan.

"Berapa besar sisanya baru akan diketahui setelah dilakukan penutupan buku pada 30 Juni 2008," kata Irham.

Pantauan wartawan, pascapenghitungan suara dan penetepatan calon terpilih Pilkada 2008, situasi gedung KPU di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan terlihat lengang. Namun demikian puluhan petugas kepolisian masih disiagakan di kantor penyelenggara pilkada itu.


No comments:
Write comments

Bingung do pe dalan tu Pakkat?
Sukkun ma di son !