Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Titulo

recent

The Slider

ahanamasa

featured posts

berita

Saturday, March 10, 2007

Humbahas Jamu Makan Peserta CCA

 

Humbahas Tampilkan Gondang Sabangunan dan Jamu Makan Malam Peserta CCA

Mar 08, 2007 at 08:23 AM
Doloksanggul (SIB)

Bupati Humbahas St Drs Maddin Sihombing MSi pada penampilan “gondang sabangunan” dan
jamuan makan malam peserta CCA (Christian Conference of Asia) si Hotel Danau Cottage Parapat, Minggu malam (4/3) mengatakan bahwa kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Humbang Hasundutan sangat kondusif. Hal itu diungkapkan Maddin Sihombing dihadapan peserta CCA usai jamuan makan malam dan pegelaran “gondang sabangunan” serta lagu-lagu batak. Peserta CCA terlihat gembira dan terharu melihat penampilan pegelaran seni dari Humbahas, apalagi dengan hadirnya seruling maut yang dibawakan Martogi Sitohang yang bisa “menghipnotis” peserta yang hadir.



Maddin menjelaskan kerukunan umat beragama terjaga karena masyarakat Humbahas selalu berpegang kepada falsafah “Dalihan Na Tolu” (The Three Concept) yaitu Manat Mardongan Tubu, Elek Marboru dan Somba Marhula-hula”. Dimana dengan falsafah ini semua pihak mempunyai fungsi dan peranan masing-masing baik dalam kegiatan adat maupun secara demokratis untuk kepentingan bersama karena semua pihak memiliki hak bicara baik sebagai Dongan Tubu, Boru maupun Hula-hula.

Maddin juga memaparkan potensi pariwisata Humbahas tersebar dibeberapa kecamatan namun secara umum wisata terpusat di Baktiraja, Parlilitan dan Paranginan. Potensi tersebut meliputi wisata alam, sejarah atau budaya dan Panorama alam Pulau Simamora Danau Toba bila dilihat langsung dari objek wisata Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan. Makan dan sejarah perjuangan Pahlawan Nasional dari Batak Raja Sisingamangaraja XII di Baktiraja. Kepada peserta CCA diinformasikan bahwa mengenang 100 tahun wafatnya Sisngamangaraja akan diperingati di Belanda.

Turut hadir dari Humbahas, Wakil Bupati Drs Marganti Manullang, Kapolres AKBP GP Hutajulu SH, anggota DPRD Pdt Esra Sinaga SE, Kasdim 0210/TU Mayor Sahat Sinaga, Plt Sekdakab Martuaman Silalahi SH, para Asisten, Kadis, Kakan, Kabag, Camat Lintongnihuta Drs Lamhot Hutasoit, Ketua Gapeksindo Humbahas Birnes Simamora, Ketua BKAG Humbahas Pdt H Pangaribuan STh dan lainnya.

Kabag Kesra Humbahas Drs SDV Sihombing MM, Rabu (7/3) mengatakan kepada SIB bahwa pagelaran seni yang ditampilkan Humbahas yaitu “gondang sabangunan”, tari somba, tari mula-mula termasuk tari cawan dan lainnya yang dipandu Saitan Sihombing.
Pengamatan SIB di Parapat, saat pagelaran seni asal Humbahas ditampilkan beberapa peserta CCA ikut bergoyang dan manortor diantaranya Sekretaris Jenderal CCA Prawate Kid An dari Chiangmay Thailand, Presiden Dewan Gereja se-Dunia Pdt DR SAE Nababan, Pdt Langsung Sitorus STh dan lainnya.

Kabag Perekonomian Humbahas Mobel Siboro SE mengatakan kepada SIB bahwa Kabupaten Humbahas mengadakan pameran di Parapat sebagai ajang promosi komoditi unggulan dari Humbahas. Potensi yang dipamerkan yaitu madu asli Parlilitan, kayu olahan, kemenyan, kopi lintong, jeruk, salak Pakkat, anyaman rotan dari Tarabintang, batu bercampur emas dari Dolok Pinapan, batu gamping yang telah diolah dari Dolok Margu, berbagai macam rotan, keripik pisang, kacang garing gurih dan enak merk Humbangta dan lainnya. Pameran tersebut sudah dikunjungai peserta CCA dan tampak tertarik melihat produk-produk dari Humbahas. Dalam kesempatan itu juga, kacang garing Humbangta juga dibagi-bagikan kepada peserta CCA sebagai ajang promosi.

No comments:
Write comments

Bingung do pe dalan tu Pakkat?
Sukkun ma di son !